Pilih Jasa Borongan Bangun Rumah Atau Kontraktor?

jasa desain rumah
Mau Bangun Rumah Elegan? Jasa Desain Rumah Solusinya
02/12/2020
renovasi rumah
Cara Renovasi Rumah Tanpa Mengeluarkan Budget Banyak
03/12/2020
Pilih Jasa Borongan Bangun Rumah Atau Kontraktor?

jasa borongan bangun rumah

Jasa borongan bangun rumah maupun kontraktor memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri. Jika dilihat dari segi harga, maka biaya menggunakan kontraktor lebih mahal jika dibandingkan dengan pemborong karena dalam pengerjaannya menggunakan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dan sudah berbadan hukum Selain itu konstruksi bangunan yang dibangun oleh jasa kontraktor juga lebih terencana dan desainnya sesuai dengan kaidah arsitektur. Tetapi ada pula pemborong yang jauh bekerja dengan tingkat profesionalitas yang sama dengan kontraktor, lagipula anggaran untuk menggunakan jasa pemborong bisa disesuaikan dengan dana Anda.

Jika dilihat dari sistem pembayaran, kontraktor umumnya menggunakan sistem pembayaran termin, yaitu pembayaran yang dibagi menjadi empat tahap yang dibayar sesuai dengan progres proyek. Namun untuk pemborong ada dua jenis sistem pembayaran yang bisa dipilih yaitu memborongkan semua biaya pekerjaan dan bahan atau klien menyediakan sendiri bahan yang akan digunakan dan hanya membayar upah pekerja saja. Perbedaan selanjutnya adalah dari segi legalitas. Kontraktor adalah badan usaha yang sudah tersertifikasi atau memiliki lisensi resmi. Sedangkan pemborong tidak memiliki izin usaha dan tidak berbadan hukum. Dalam menjalankan proyek, kontraktor memiliki RAB atau Rencana Anggaran Biaya serta SPK atau Surat Perjanjian Kontrak Kerja yang berguna untuk menjelaskan detail pekerjaan dan mengikat kontraktor dan customer. Sementara pemborong tidak menyertakan kesepakatan hitam di atas putih.

jasa bangun rumah

Jasa kontraktor bisanya digunakan untuk proyek berskala besar, misalnya pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall, apartemen dan lain sebagainya. Jasa pemborong umumnya digunakan untuk membuat hunian rumah tinggal dengan anggaran terbatas. Jika dalam proses pengerjaan proyek terjadi kesalahpahaman, klien dapat menggunakan SPK sebagai bahan untuk mengajukan pertanggunjawaban kontraktor. Berbeda jika kesalahan tersebut terjadi ketika melakukan kerja sama dengan pemborong, umumnya klien akan mengalami kesulitan jika ingin membawa masalah tersebut ke ranah hukum. Untuk hasil yang lebih optimal, ada baiknya Anda juga tetap melakukan pengawasan saat proyek berlangsung, baik yang dikerjakan kontraktor maupun jasa borongan bangun rumah. Jangan lupa pula untuk selalu mengkomunikasikan apa yang Anda inginkan agar terwujud bangunan impian Anda.