Memilih Material Pembuatan Rumah

Kontraktor Rumah
Memilih Kontraktor Rumah Untuk Rumah Pertama
13/11/2017
perusahaan kontraktor
Mengapa Memilih Perusahaan Kontraktor Yang Profesional Itu Penting?
06/12/2017
material pembuatan rumah

material pembuatan rumahSelain melihat desain dari rumah yang akan dibangun, mengetahui tentang material pembuatan rumah juga merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Ada beberapa material rumah yang biasa digunakan. Pertama adalah gipsum yang merupakan campuran antara kapur dan bubur kertas. Bagian rumah yang biasa menggunakan gipsum adalah langit-langit serta partisi. Kelebihan dari gipsum antara lain lebih terlihat elegan, mudah dikreasikan, dapat menjaga suhu ruangan, gampang dipasang dan dipindah, mudah diperbaiki, tipis sehingga tidak memakan tempat dan jika terdapat sisa bongkaran hanya berupa lubang yang mudah diperbaiki. Sedangkan kekurangan dari gipsum adalah total biaya pemasangan tinggi, ketahanan terhadap air kurang, kurang bagus menyerap suara serta mudah berjamur jika kurang perawatan dan lembab.

material pembuatan rumah

batakoBahan kedua yang sering dipakai dalam pembuatan rumah adalah batako. Ada dua macam batako yaitu yang memakai bahan dasar semen dan pasir kasar yang dicetak padat serta batako yang terdiri dari campuran batu tras, kapur dan air. Keunggulan dari batako adalah ukurannya yang besar sehingga dapat menghemat anggaran, lebih murah, pemasangan cepat, tidak perlu perendaman sebelum dipasang, mudah dipotong, ringan serta lebih tahan air. Sedangkan kekurangannya adalah mudah pecah dan retak serta ruangan yang menggunakan bahan batako biasanya lebih pengap dan panas walaupun biaya pemasangannya lebih murah.

Batu bata adalah bahan yang paling populer dan terkenal di antara kedua bahan di atas. Cara pembuatan batu bata adalah degan cara pencetakan tanah liat menjadi kotak, dijemur kemudian dibakar hingga kering. Keunggulan dari batu bata adalah mudah didapat, lebih tahan api, harga relatif murah, lebih tahan air, tidak membutuhkan perekat khusus, dan dapat menjaga suhu ruangan sehingga tidak cepat panas. Namun batu bata juga memiliki kekurangan antara lain memakan lebih banyak waktu karena bentuknya yang kecil, lebih berat, boros dalam penggunaan perekat serta seringkali masih tersisa cukup banyak karena sulitnya memperkirakan berapa banyak jumlah batu bata yang diperlukan. Selain ketiga bahan tersebut, masih ada rangka baja ringan yang bisa juga digunakan sebagai pilihan material dalam pembuatan rumah.